cara handal jadi gitaris handal

Tempat yang menyediakan pembelajaran gitar secara gratis

Minggu, 12 Oktober 2008

Buat pick gitar sendiri

Secara sederhana pick gitar adalah alat berupa segitiga kecil untuk memetik gitar (biasanya gitar listrik). Saya sendiri tidak begitu terbiasa memakai pick gitar. Karena saya belajar gitar memakai gitar klasik. Agak lain rasanya memakai pick. Tidak nyaman. Belum lagi ngepasin dengan senar yang dipetik susahnya minta ampun. Setelah membaca dan melihat dari orang yang sudah bisa ternyata banyak yang perlu diperhatikan :

1. Pilih ketebalan pick yang sesuai, saya cenderung lebih ke arah kenyamanan dari pada alasan lain. Saya sendiri kurang yakin akan ketebalannya tetapi mungkin tengah tengah antara 1 - 2 mm. Setebal kartu perdana telepon seluler seperti yang akan kita buat.
2. Tentu saja bahan pick. Bahan yang biasanya antara metal dan plastik. Saya pilih bahan plastik karena jika terbuat dari metal takut cepat merusak senar (aus).

Banyak alasan mengapa harus buat sendiri, salah satunya malas pergi keluar untuk beli. Atau untuk sementara saja. Tapi yang pasti kita mendukung slogan 3R (Reduce - Reuse - Recycle) untuk bumi kita.

Bahan dan Alat
1. Kartu bekas tempat sim card
2. Gunting
3. Cutter

Bahan yang akan kita gunakan adalah tempat kartu perdana (sim card), karena bahan plastiknya kuat dan tahan lama tidak cepat habis. Tapi bisa juga menggunakan plastik disket hanya saja bahan plastiknya cepat aus.



Untuk memperbagus hasil kita buat dahulu segitiga dengan bantuan komputer.
1. Buka dahulu Microsoft Word, Buat New Document (Klik menu File -> New)
2. Pastikan Drawing Toolbar muncul (Jika belum muncul ke menu View -> Toolbar -> Drawing)
3. Pada toolbar Drawing ada tool Autoshapes seperti pada gambar
4. Lalu buat gambar segitiganya kemudian print.


Hasil segitiga yang dibuat lagu dipotong menggunakan sebagai pola.

Kemudian potong kartu tadi mengikuti pola segitiga yang kita buat, karena ujungnya masih runcing perhalus dengan menggunakan gunting agar hasilnya seperti pick buatan pabrik.



Buat pola garis kotak - kotak dengan mengunakan Cutter pada kedua sisi pick yang kita buat agar kedua sisinya tidak licin pada saat memakainya.

Selamat mencoba.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

center>
Search Engine Optimization and SEO Tools